Konsep Operasional Asuransi

life isurance blank bar chart and glases

konsep operasional asuransi, terdapat 2 tipe pada asuransi yaitu :

1. Life Insurance ( Auransi Jiwa ), asuransi ini lebih banyak mengelola resiko soal jiwa, contohnya : kematian, kesehatan/musibah dan lain sebagainya yang dapat membahayakan jiwa kita.

2. Asuransi Umum, di sebut juga dengan asuransi kerugian. Contohnya : Kehilangan mobil, kemalingan rumah, dan lain sebagainya yang bila terjadi /kehilangan sesuatu pasti akan menyebabkan kerugian.

Dari dua tipe yang telah di sebutkan, antara asuransi jiwa dengan asuransi umum sangatlah berbeda. Perbedaan itu antara lain adalah  Asuransi Jiwa : jangka waktunya lebih panjang, sulit untuk melihat tingkat resiko, preminya lebih besar dan tanggungannya pun cendrung lebih banyak. sedangkan Asuransi Umum : jangka waktunya lebih pendek, tidak dapat melakukan fitur tabungan / investasi, lebih mudah untuk melihat resiko, preminya lebih kecil dan tanggung jawabnya lebih sedikit (tergantung kondisinya).

KONSEP PENTING ASURANSI

  1. Underwriting ( Proses Pengelolaan Resiko), perusahaan asuransi haruslah mahir dalam mengelola resiko yang akan timbul dalam perusahaan, namun perusahaan asuransi dalam pengelolaan resikonya suka terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan, untuk itu konsep underwriting sangatlah berpengaruh untuk kondisi perusahaan asuransi.
  2. Re Insurance ( Mengasuransikan Asuransi), tugas dan pekerjaan perusahaan asuransi adalah mengelola resiko. Jika perusahaan asuransi terlalu berat karena banyak mengelola resiko-resiko maka perusahaan asuransi dapat mengasuransikannya kembali kepada perusahaan ReInsurance.

Demikianlah post tentang konsep operasional asuransi semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s